Sukses

Senang Menyakiti Diri Sendiri
14 Dec 2018, 09:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

Akhir akhir ini saya sering menyakiti diri sendiri dengan cutting. Saya tidak punya alasan tertentu untuk melakukannya. Saya hanya senang ketika melukai diri saya. Tapi, keinginan itu akan semakin besar ketika saya kecewa, dimarahi, dan disakiti orang yang saya sayang. Apakah sebenarnya saya mengidap BPD ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar tindakan menyakiti diri sendiri melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tindakan menyakiti diri sendiri adalah suatu manifestasi pelarian dari masalah sebenarnya, bisa depresi, kemarahan yang tidak dapat dikontrol, dan lainnya. Hal ini bukanlah suatu kebiasaan namun ini merupakan gangguan yang apabila tidak ditangani dengan benar dapat berbahaya. Bahaya yang dimaksud disini adalah ditakutkan nyawa Anda terancam karena perilaku yang suka menyakiti diri sendiri.

Faktor pencetus mengapa Anda melakukan hal ini harus digali dan dicari. Berawal dari akar masalahnyalah kita akan menyelesaikan gangguan ini. Apakah Anda mengalami depresi atau penyakit lainnya. Adapun bila penyakit bipolar, tandanya adalah ada momen dimana Anda merasakan energi yang tidak terbatas dan rasa senang yang berlebihan, bergantian dengan momen dimana Anda merasa sedih, tidak berdaya, dan tidak bersemangat. Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke psikolog atau psikiater untuk dievaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tindakan menyakiti dirinya sendiri. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar