Sukses

Benjolan di Leher dan Riwayat Putus Pengobatan
14 Dec 2018, 08:28 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok,saya batuk sudah sebulan dan ada benjolan dileher kanan belakang terasa sakit kalau dipegang dokter bilang itu kelenjar bening...riwayat saya pernah berobat jalan batuk bronkitis tapi blm selesai pengobatan saya stop sekarang saya harus gimana..?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab benjolan di belakang leher yang tersering memanglah kelenjar getah bening yang membesar. Umumnya KGB yang membesar terjadi karena infeksi. Bahkan, batuk dan pilek biasa juga dapat menyebabkan kelenjar getah bening leher membesar.

Namun, mengingat Anda menyebutkan riwayat putus pengobatan, perlu didalami lebih lanjut tentang hal ini. Apakah saat itu dokte rmendiagnosis Anda mengalami batuk bronkitis, bukan penyakit flek paru/ tuberkulosis? Bila Anda diberikan obat 6 bulan yang harus diminum secara teratur, maka itu adalah penyakit tuberkulosis paru. Dan, penyakit tuberkulosis paru sangat sering menyerang kelenjar getah bening, dan menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. Namun bila saat itu tidak diberikan obat 6 bulan, kemungkinan bukan suatu tuberkulosis kelenjar getah bening.

Namun, selain KGB yang membesar, ada juga penyebab benjolan lain misalnya lipoma, suatu pembesaran kelenjar lemak. Ada baiknya Anda memeriksakan diri kembali, dan menyebutkan riwayat putus pengobatan tersebut, agar dokter bisa mengarahkan pemeriksaan yang sesuai. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar