Sukses

Hidung Bau pada Anak

14 Dec 2018, 08:26 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat malam Dok, nama saya siti, saya mau nanya anak saya usia 3th di lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan lendir/pilek tapi bau busuk dok, seperti bau telinga yg kotor gitu Dok, apa sebabnya dan apakah bahaya bagi anak saya Dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sulit untuk menentukan penyebabnya secara jelas tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Namun, terdapat beberapa penyebab tersering bau tidak sedap dari hidung , yang tersering adalah benda asing. Misalnya, ada serangga atau mainan yang kebetulan masuk di dalam hidung. Berikut penjelasan-penjelasannya:

Bakteri penyebab ingus bau bermacam-macam. Di antara berbagai penyebab yang ada, berikut ini penjelasan penyakit-penyakit yang sering muncul dengan gejala ingus beraroma kurang sedang, di antaranya adalah:

Rinolit dan Benda asing

Benda asing yang tertinggal lama di dalam hidung akan menimbulkan produksi lendir berlebihan dengan tujuan melokalisir benda tersebut, infeksi sekunder pada penumpukkan lendir menyebabkan ingus berwarna kehijauan dan berbau busuk. Rinolit adalah batu kalsium yang terbentuk menyelubungi benda asing yang tertinggal sangat lama. Rinosinusitis kronik yang terjadi pada satu sisi pada anak harus dipikirkan akibat kemungkinan ini. Mimisan juga dapat menyertai hidung bau akibat benda asing dan rinolit ini.

Purulen rinitis dan sinusitis

Anak pilek dengan lendir berwarna kuning kehijauan seperti nanah, apalagi disertai bau yang sangat dalam waktu yang lama tidaklah normal. Jika Anda pernah mengalami anak kecil dengan ingus yang bau, bahkan tercium dari jarak jauh, pastilah anak itu mengalami infeksi yang serius. Namun, pemeriksaan fisik harus dilakukan secara jelas untuk membedakan penyebab ingus bau murni karena sinusitis atau bukan.

Diphteria hidung

Dapat muncul pada anak diatas 6 bulan dengan riwayat kontak dengan penderita atau carier difteri, tanpa riwayat imunisasi lengkap. Lendir yang timbul purulen bercampur darah dengan krusta yang banyak dan memenuhi rongga hidung. Bau yang timbul cenderung amis. Difteri bisa terjadi lokal pada hidung, namun juga pada tenggorok. Tak jarang, selaput ditemukan hingga saluran napas bawah dan memenuhi hingga paru. Difteri terjadi akibat bakteri spesifik, saat ini angka kejadian difteri kembali tinggi karena beberapa anggapan bahwa imunisasi tidaklah penting, padahal kejadian difteri ini bisa di cegah dengan imunisasi. Penyakit difteri dapat menyebabkan kematian.\

Bila berlangsung lama, ada baiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis hidung dan tenggorokan. Dengan begitu penyebabnya dapat diketahui secara jelas.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar