Sukses

BAB Bayi ASI Kehijauan

14 Dec 2018, 05:21 WIB
Pria, 22 tahun.

Sore dok, saya mau tanya anak saya usianya 3 bulan lebih kadang kadang ketika BAB tinja anak saya awalnya berwarna kuning biasa tp setelah didiamkan beberapa saat kenapa ya dok kok berubah menjadi agak kehijauan anak saya minum asi eklusif tidak di sambung dengan formula. Mohon dijelaskan ya dok soalnya saya khawatir

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pada bayi yang konsumsi ASI, bila feses hijau terjadi sesekali, ini merupakan hal yang normal. Tetapi bila terjadi terus-menerus, feses hijau pada bayi ASI bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Ketidakseimbangan foremilk (ASI depan)/hindmilk (ASI belakang). Jika bayi hanya menyusu sebentar-sebentar, ASI yang diminum kebanyakan adalah ASI depan yang tinggi kandungan gulanya. Ini yang menyebabkan feses menjadi hijau. Berat badan bayi pun biasanya tidak meningkat cepat. ASI belakang mengandung lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. ASI ini biasanya keluar setelah 10-15 menit menyusu.
  • Sensitif terhadap sesuatu yang dimakan ibu, misalnya produk susu sapi.
  • Tanda bahwa bayi sedang sakit.
  • Ibu sering mengkonsumsi sayuran hijau.

Feses bayi memiliki berbagai warna dari kuning keemasan, kuning gelap, kecoklatan, bahkan hijau. Selama tidak ada lendir, air, atau darah di dalam feces, BAB yang terlalu keras, bayi menyusu kuat dan berat badannya selalu bertambah, warna BAB apapun tidak menjadi masalah.

Namun, bila Anda ragu akan kondisi si kecil, konsultasikan dengan dokter anak Anda. Pemilihan susu formula juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang memeriksa anak Anda secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar