Sukses

Anak Tiba-tiba Demam

14 Dec 2018, 05:22 WIB
Pria, 2 tahun.

Dok Saya mau tanya, Anak saya umur 2 tahun tadi dia susah BAB, stelah sekitar 30 menit kemudian badannya mendadak panas, kira” kenapa ya dok anak saya ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal yang sebagian besar penyebabnya adalah infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibody tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari. Pada kasus anak ibu, karena demam yang diderita baru satu hari pertimbangan dokter untuk melakukan berbagai pemeriksaan Lab yang mahal dirasa belum diperlukan.

Pada kasus demam anak-anak yang seperti ini, sebaiknya diberikan obat penurun panas dan  ada baiknya dibantu dengan kompres (air hangat).

Jika panas tetap berlangsung selama 2-3 hari, sebaiknya dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lab. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar