Sukses

HIV/AIDS

13 Dec 2018, 21:35 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat malam dok. sy wanita berumur 25 tahun. sy baru mengetahui kalau masa lalu pasangan sy dulu sering berganti-ganti pasangan (sex bebas) tapi itu dulu. tp beberapa waktu lalu pasangan sy sempat memeriksakan tapi hasilnya Negatif. yang sy takutkan apakah nanti setelah kita menikah dia atau sy bisa terkena virus HIV/AIDS? tolong penjelasan & sarannya dok terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar HIV/AIDS menggunakan fitur Tanya Dokter.

HIV dapat ditemukan di dalam cairan tubuh orang yang terinfeksi. Cairan tubuh yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. Namun, HIV tidak dapat tersebar melalui keringat atau urine. HIV termasuk virus yang rapuh, tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia.

Umumnya, penyebaran virus HIV terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik saat memakai narkoba. Cara penyebaran lainnya termasuk:

Penularan dari ibu kepada bayi pada masa kehamilan, pada saat proses melahirkan atau menyusui.

Melalui seks oral.

Melalui penggunaan alat bantu seks yang dipakai bergantian.

Melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi.

Memakai jarum, suntikan, dan perlengkapan menyuntik lain yang sudah terkontaminasi.

 

Jadi, walaupun anda maupun suami tidak bertukar pasangan dengan risiko penyebaran HIV/AIDS, siapapun dapat tertular jika contohnya: menggunakan pisau cukur yang sudah terkontaminasi darah dari orang yang terkena HIV (misalnya pisau cukur membuat luka pada kepala atau wajah, dan darah yang telah terkontaminasi dapat masuk melalui luka), atau tertusuk jarum yang telah digunakan penderita HIV, dan sebagainya seperti yang sudah disebutkan di atas.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar HIV/AIDS, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar