Sukses

Efek Samping Tubektomi

13 Dec 2018, 14:57 WIB
Wanita, 36 tahun.

1. apakah ada efek samping bagi wanita yg telah melakukan sterilisasi? baik bagi menstruasi atau hormon dlm tubuh wanita tersebut. 2. mengapa pasca operasi sc, pada vagina tetep mengeluarkan cairan dan sedikit berbau. awalx mgkn krn darah putih pasca operasi, tapi sampai 4blb pasca operasi cairan itu tetep keluar. apakah ini aman atau perlu adanya tindakan lebih lanjut?atau mgkn krn ada kesalahan pd saat operasi? atau efek samping dari sterilisasi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tubektomi atau ligasi tuba adalah pemotongan dan pengikatan atau penyumbatan tuba falopii(saluran telur dari ovarium ke rahim) yang merupakan salah satu cara kontrasepsi berupa sterilisasi. Tubektomi tidak akan memiliki pengaruh pada siklus menstruasi karena indung telur atau ovarium yang memiliki peranan di dalam pengaturan siklus hormonal dalam tubuh tidak terlibat.

Tubektomi memiliki risiko sangat kecil untuk terjadinya kehamilan kembali karena saluran tuba sudah tertutup dan kemungkinan pertemuan antara sel telur dan sel sperma sudah dicegah. Sebenarnya alasan dilakukan tubektomi adalah jika Anda dan pasangan tidak ingin memiliki anak dan menunda dalam jangka panjang. Karena jika ingin dikembalikan memerlukan sebuah prosedur bedah minimal untuk mengembalikannya. Jika Anda sudah memiliki anak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan dan tidak berencana memiliki anak lagi dalam waktu dekat, maka hal ini dapat dipertimbangkan.

Pada umumnya pasca steril (tubektomi) tidak ada efek samping gangguan menstruasi, namun tidak menutup kemungkinan bila terjadi hal tersebut. Efek samping lain dari steril jika kemungkinan terjadi kerusakan pada ligamen peritoneum. Jika ligamen tersebut rusak akan mempengaruhi produksi hormon di ovarium yang akan menurun.

Setelah melahirkan, baik normal maupun SC, wanita akan mengalami masa nifas selama kurang lebih 40 hari. Pada masa ini akan keluar cairan, awalnya berwarna merah dan mendekati akhir akan berubah putih. Kami asumsikan cairan nifas ini yang anda maksudkan.

Jika diperlukan cobalah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk penjelasan dan pertimbangan terkait prosedur sterilisasi/tubektomi ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar