Sukses

Rambut rontok
11 Dec 2018, 12:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

jadi dok sudah 2 bulan terakhir ini rambut saya rontoknya parah sekali. sebenernya sudah rontok dari lama sih cuma 2 bulanan ini semakin parah, sampai di beberapa titik kaya mulai mengalami kebotakan. apalagi di bagian depan dekat jidat yang paling terlihat. kira2 itu kenapa ya dok? lalu solusi dong sok biar rambut saya berkurang rontoknya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Kerontokan rambut banyak penyebabnya bisa saja karena pengaruh genetik atau karena berhubungan penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid.Namun untuk menegakkannya diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab kerontokan rambut.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut.

Salah satu jenis kebotakan pada wanita usia dewasa muda dikenal dalam dunia medis dengan Male Pattern Alopesia pada wanita(Alopesia Androgenika). Kebotakan ini biasanya muncul pada akhir umur dua puluh atau awal umur tiga puluh. Rambut rontok dimulai dari puncak kepala dapat juga terjadi secara menyeluruh. Rambut menjadi tipis dan suram. Sering disertai dengan rasa gatal dan terbakar. Penyebab kelainan ini dianggap sebagai kelebihan hormon androgen. Bila pasangan suami istri sama-sama menderita penyakit ini maka semua anak laki-laki dan setengah jumlah anak wanita akan mengalami hal yang sama. 

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

hindari stres

hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

cukup istirahat

stop merokok (pada yang merokok)

hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. Biasanya terapi yang diberikan antara lain adalah pemberian suntikan obat-obatan langsung pada kulit kepala (mesotherapy), PRP therapy hingga transplantasi rambut untuk efek jangka panjang. 

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar