Sukses

Gula basah
10 Dec 2018, 17:08 WIB
Pria, 21 tahun.

Slmt malam dok. Mau tanyak obat sakit gula basah. Udh sebulan bengkak dan berair di jari manis nya gak kunjung sembuh. Obat penstabil gula. Dan larangan pantangan makanan nya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Di dalam dunia kedokteran, istilah diabetes basah dan diabetes kering sebenarnya tidak ada. Penyakit ini terbagi menjadi diabetes tipe-2, diabetes tipe-2 dan diabetes di usia muda (MODY). Masyarakatlah yang ‘menciptakan’ istilah diabetes basah dan diabetes kering untuk menggambarkan kondisi luka (gangrene) pada penderita. Luka tersebut merupakan komplikasi dari diabetes.

Pada diabetes kering, luka terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah akibat gula darah tinggi berkepanjangan yang menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan luka menjadi sulit sembuh. Ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan di sekitar luka, agar luka cepat sembuh. Jika aliran darah terhambat maka aliran oksigen ke jaringan sel pun akan terganggu atau bahkan bisa mati.

Sedangkan yang dimaksud dengan diabetes basah adalah diabetes dengan luka berbentuk basah akibat suatu infeksi. Luka diabetes yang sudah terinfeksi oleh bakteri akan mengeluarkan nanah di atasnya. Permukaan basah itulah yang memunculkan istilah diabetes basah.

Luka ini bisa menyembuh jika kadar gula darah mencapai target pengendalian yakni:

  • HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)
  • Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)
  • Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)

Dan ini bisa dicapai dengan pengaturan pola makan, olahraga, dan konsumsi obat yang rutin. Pada kasus seperti ini, biasanya diperlukan pula insulin. Tanyakan pada dokter, regimen pengobatan apa yang terbaik untuk orang tua Anda.

Terkait dengan makanannya, agar luka cepat sembuh, konsumsi makanan tinggi protein seperti daging merah, ayam, ikan, dan telur.

Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan luka agar cepat kering.

Untuk mengatasi keluhan Anda, pastikan kadar gula terkontrol terlebih dahulu. Untuk itu lakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengatasi masalah kadar gula yang tinggi. Bila kadar gula sudah baik diharapkan penyembuhan pada luka jari manis Anda juga akan baik. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar