Sukses

Kepala Terbentur dan Pingsan

11 Dec 2018, 10:09 WIB
Pria, 32 tahun.

Selamat malam dokter, Dua hari yang lalu ponakan Saya terjatuh dan kepala terbentur diaspal dia langsung tdk sadarkan diri dan sampai2 ia mengencingi dirinya, bbrp saat setelah sadar kemudian muntah2, pusing dan tidak bisa duduk lama. Sekarang kondisinya sudah membaik. Apakah perlu di CT Scan.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, Andirahman. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika seseorang mengalami riwayat kepala terbentur atau trauma kepala maka harus dilakukan pemantauan dalam 2x24 jam adakah gejala muntah, pusing, sakit kepala hebat, pingsan ataupun kejang. Bila dalam 48 jam tidak ditemukan gejala tersebut maka kemungkinan besar kondisi Anda baik-baik saja.

Apakah Anda sudah memeriksakan kondisi Anda langsung ke dokter pasca terbentur?

Komplikasi yang terjadi akibat trauma pada kepala dipengaruhi oleh berat ringannya trauma yang terjadi.

Benturan yang ringan umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada organ didalam kepala, karena kepala terlindungi oleh tulang tengkorak yang keras, dan cairan otak yang berfungsi sebagai peredam benturan.

Sedangkan benturan yang keras pada kepala tentunya dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak, apalagi jika pada saat terjadi benturan terdapat pendarahan didalam rongga kepala.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

1 Komentar

  • Ida Widati

    Sore dok anak saya tadi terjatuh dari sepeda kepalanya kena setang sepeda sampe benjol setelah beberapa waktu anak saya merasakan kantuk dan tertidur apa ini masih normal ?