Sukses

Penyebab Anak Bentol

10 Dec 2018, 17:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo dok, saya marisa, anak 1 perempuan masuk 7bulan ini dia sudah 3x seperti bentol 3hari setelah itu bentolnya (sebesar kuku ibu jari) berubah menjadi seperti memar pas saya lihat dengan senter setelah 4 hari itu seperti ada koreng2 kecil sekali seperti bekas gigitan binatang/serangga, jadi apakah itu benar? Terimakasih ..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penyebab Anak Bentol.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Apakah bentol muncul secara tiba-tiba lalu menghilang di satu tempat dan muncul lagi di tempat lain? jika iya, keluhan anak Anda bisa saja berkaitan dengan biduran.

Biduran dalam isitilah medis disebut sebagai urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk, timbul secara cepat dan menghilang secara perlahan-lahan.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.
  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri

Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Kami sarankan agar Anda memeriksakan anak Anda ke dokter terdekat agar mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyebab Anak Bentol. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar