Sukses

Tifus Pada Anak

10 Dec 2018, 16:34 WIB
Wanita, 29 tahun.

Malam dok sy mau tanya, anak perempuan sy umur 3 taun demam udah 5 hari trus sy cek darah normal, cek widal jg negatif terus sy ke dokter anak dia blng gejala tipes nah dikasi obat dari dokter skrng hari ke 4 dan alhamdllah udah ga demam lg udah bsa BAB walau agak cair dan anak'a sudah aktif sepert biasa. Itu ciri2 udah sembuh blm y dok? Trus harus cek widal lg ga?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tifus Pada Anak.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Penyakit tifus (demam tifoid) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella sp. Bakteri ini masuk menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, untuk kemudian masuk ke dalam peredaran darah. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pemberian Antibiotik selama 7 - 14 hari. Kami tidak menganjurkan Anda untuk mengobati tifus tanpa pengawasan dokter, jika memang anak Anda benar-benar terkena tifus.

Pemulihan kondisi tubuh pasca penyakit tifus memang terbilang cukup lama, dapat berkisar antara 1-3 bulan sebelum kondisi tubuh dapat kembali normal. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila sementara ini Anda dapat memperbanyak waktu istirahat anak Anda dan memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi anak Anda untuk mempercepat pemulihan tubuh. Hindari makan sayuran mentah dan makanan lainnya yang disajikan atau disimpan di dalam suhu ruangan dan pilih makanan yang masih panas atau makanan yang dibekukan, minuman kaleng dan buah yang telah dikupas.

Saat ini sebaiknya anak Anda tidak melakukan aktivitas yang memerlukan banyak energi, sehingga energi tersebut dapat digunakan untuk proses pemulihan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini hanya bersifat sementara hingga kondisi anak Anda telah benar-benar pulih. Diskusikanlah hal ini dengan dokter yang merawat anak Anda agar perkembangannya dapat dievaluasi secara optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tifus Pada Anak. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar