Sukses

Sesak Nafas Karena Dingin
10 Dec 2018, 13:06 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau nanya ini knp hidung saya kl kena ac nggak bisa buat nafas ya. Jadi saya kl kena ac langsung ada reaksi hidung nggak bisa buat nafas sm kepala saya rasanya sakit gt. Kira" ada apa ya dok Terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan.sejak kapan keluhan ini anda rasakan?apakah keluhan ini hanya anda rasakan setiap kali terkena suhu dingin?selain suhu dingin apakah ada situasi dimana keluhan yang sama anda rasakan juga?selain sesak nafas apakah ada keluhan lain seperti hidung mampet,bersin berulang, keluar ingus encer dan banyak, hidung tersumbat, mata gatal dan kadang berair?dan lain sebagainya

Kondisi yang paling sering menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami adalah alergi dingin yang memicu asma.

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan/atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi), infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti , beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah:

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin,
  • emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma.
  • Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

Jika hal ini mengganggu Anda sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter agar dilakukan wawancara serta pemeriksaan medis lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar