Sukses

KB Suntik dan Siklus Mens

10 Dec 2018, 01:41 WIB
Pria, 41 tahun.

Selamat siang dok, usia saya 41thn, saya baru saja lepas KB spiral dan langsung suntik yang 1 bulan ( 23 oktober 2018 ). setelah suntik pada tgl tsb haid saya panjang , krg lebih 3 minggu. saya mau tanya dok, apa benar kalo kb suntik mengacaukan haid? karena saat ini saya belum haid ( 4 desember 2018 ). saya belum pernah kb suntik sebelumnya selalu iud. mohon pencerahannya dok. terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang KB Suntik dan Siklus Mens melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda, salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar KB Suntik dan Siklus Mens. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar