Sukses

Gigi Ingin Terlihat Putih
08 Des 2018, 14:30 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, saya mau tanya. Bagaimana ya cara supaya gigi saya jadi putih, soalnya gigi saya warnanya agak kuning gitu. Terima kasih sebelumnya :)

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai memutihkan gigi. Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi guna mengetahui perubahan warna yang terjadi disebabkan oleh apa dan penanganannya yang tepat. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien. Untuk memastikan apakah produk yang Anda pakai aman untuk Anda atau tidak diperlukan informasi lebih mengenai kandungannya dan juga pemeriksaan langsung terhadap gigi Anda.

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Bahan-bahan yang biasa direferensikan oleh media cetak dan online sebagai cara untuk memutihkan gigi secara alami seperti buah strawberry atau baking soda tidak dapat merubah warna gigi tapi hanya membersihkan noda pada gigi dan hasilnya juga tidak maksimal. Penggunaan stawberry, lemon atau bahan makanan lainnya yang bersifat asam dan membiarkan gigi terpapar lama dengan makanan tersebut justru dapat membahayakan kesehatan gigi dan penggunaan baking soda pun  tidak boleh terlalu sering.

Yang dapat dilakukan untuk memutihkan warna gigi anda secara alami adalah dengan :

1. Sikat gigi teratur. Tindakan yang satu ini dipastikan dapat membuat gigi anda tetap bersih sehingga warnanya pun cerah. Sikatlah gigi menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Lakukan minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan metode Bass dalam penyikatan gigi anda. Dijamin kebersihan gigi anda akan tetap terjaga.

2. Gunakan pasta gigi pemutih mengandung carbamide peroxide atau hydrogen peroxide. Pasta gigi mengandung bahan-bahan ini terbukti dapat memutihkan dan membersihkan permukaan gigi dari noda yang berasal dari makanan dan minuman sehari-hari.

3. Baking Soda (Sodium Bicarbonate). Baking soda memiliki butiran halus yang dapat membantu membersihkan noda yang menempel pada permukaan gigi. Namun penelitian menunjukkan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung sodium bicarbonate memberikan hasil yang lebih baik dibanding mencampur pasta gigi anda dengan baking soda.

4. Bersihkan karang gigi dan noda gigi di dokter gigi. Tindakan yang disebut Scaling ini adalah wajib hukumnya dilakukan minimal 6 bulan sekali, 2 kali dalam setahun. Karang gigi dan noda pada gigi termasuk sela-sela gigi akan hilang seketika. Untuk noda gigi yang parah bisa digunakan larutan stain remover untuk membersihkan gigi sampai ke pori-porinya dari noda yang sulit dibersihkan. Mintalah dokter gigi untuk menggunakan stain remover untuk menghilangkan staib atau noda gigi yang sulit dihilangkan.

5. Jaga dan batasi konsumsi makanan penyebab noda gigi. Kopi, red wine, buah beri dan minuman bersoda lainnya tetap dapat anda nikmati dalam batasan yang wajar, hanya saja anda HARUS selalu membilasnya dengan air putih. Lalu tunggu 30 menit sebelum anda menyikat gigi untuk melindungi enamel agar tidak terkikis dan larut.

6. Hentikan kebiasaan merokok. Asap rokok membuat warna gigi menjadi gelap dan meninggalkan noda yang sebagian besar terdapat pada permukaan gigi bagian dalam.

Untuk memutihkan gigi yang ampuh memang dengan tindakan bleaching. Kami sarankan untuk berdiskusi dengan dokter gigi anda mengenai rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar