Sukses

Batas Waktu Menggunakan Earphone
08 Des 2018, 14:01 WIB
Pria, 40 tahun.

Selamat Pagi, Saya ingin bertanya apakah menggunakan head phone, headset, handsfree atau ear phone untuk jangka waktu berjam-jam (lebih dari dua jam) dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran/selaput gendang? Berapa waktu yang idealkah kita menggunakan peralatan elektronik di telinga 1, 2, atau lebih dari 3 jam agar tidak terjadi kerusakan pada telinga/pendengaran kita?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Izinkan saya menjelaskan sedikit mengenai pengaruh suara terhadap telinga. Suara keras dan stress terhadap telinga dapat merusak sel rambut di dalam telinga dalam, yang berfungsi merubah rangsangan mekanik berupa getaran suara, menjadi suatu sinyal elektrik yang diinterpretasikan oleh otak sebagai suatu suara. Seiring waktu, sel rambut tersebut dapat rusak secara permanen dan tidak lagi mampu untuk bekerja menghasilkan suara.

Suara yang dihasilkan oleh earphone seringkali harus "bersaing" dengan suara latar dari luar, terutama pada daerah yang berisik seperti keramaian, fasilitas umum, bandar udara, terminal, dan sebagainya. Adapun setiap jenis earphone dan produsennya dapat memiliki standar yang berbeda. Ambang batas suara yang dapat menimbulkan kerusakan pendengaran dalam jangka panjang adalah 80 dB, sementara  kerusakan dalam jangka pendek atau segera adalah 130 dB. Oleh karena itu produsen earphone tidak dianjurkan untuk membuat earphone yang dapat menghasilkan suara hingga lebih dari 100 dB. 

Penelitian medis menyebutkan seseorang dapat mendengarkan pemutar musik seperti MP3 player dengan total durasi 1.2 jam sehari dengan menggunakan default earphone (earphone "bawaan") dari pabrikan pemutar musik/MP3 player tersebut dalam volume 80% dari level maksimum. Tidak dianjurkan untuk menaikkan volume hingga maksimal (100%) jika digunakan selama lebih dari 5 menit sehari (jika menggunakan earphone bawaan), 3 menit sehari (jika menggunakan "isolator" earphone yang memblok suara latar), atau 18 menit sehari (jika menggunakan "supra-aural" earphone yang diletakkan pada bagian luar telinga, bukan dimasukkan ke dalam telinga). Penggunaan melebihi rekomendasi tersebut akan mempercepat penurunan fungsi pendengaran. 

Rekomendasi waktu maksimum penggunaan earphone tersebut menunjukkan waktu yang diperbolehkan untuk mendengar musik dengan earphone setiap hari tanpa meningkatkan risiko kehilangan pendengaran  secara signifikan.

Namun perlu diingat bahwa rekomendasi di atas sangat bervariasi bagi setiap individu, terutama pada individu yang memiliki telinga lebih sensitif, dan nilai tersebut tidak mengeliminasi risiko penurunan fungsi pendengaran. Setiap orang yang menggunakan earphone tetap memiliki risiko penurunan fungsi pendengaran lebih besar dibandingkan orang yang tidak menggunakan earphone.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar