Sukses

Kontraindikasi Obat Terhadap Ibu Hamil
08 Des 2018, 11:26 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi dok, kemarin saya habis dari dokter umum dan hasil dari pemeriksaannya saya mengalami GERD, adapun obat yang saya terima berupa - Ranitidine 150mg - Omeprazole 20mg - Neuralgin Rx pertanyaan saya apakah obat tersebut berefek terhadap program hamil yang saya jalani, karena kebetulan kemarin saya lupa untuk menanyakan pertanyaan tersebut. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar kontraindikasi obat terhadap ibu hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Ranitidin termasuk jenis obat untuk menghalangi atau mengurangi asam berlebihan dalam lambung atau saluran pencernaan. Obat ini bisa mengurangi refluks asam lambung dari saluran pencernaan sehingga mengurangi rasa sakit seperti mual dan perih akibat maag.

Obat ranitidine untuk ibu hamil menurut badan FDA di Amerika Serikat, tidak menyebabkan masalah untuk janin, meskipun obat ini juga akan melewati plasenta bayi dan bisa saja sampai ke janin. Namun pemakaian obat ranitidine hanya diizinkan dengan dasar pengawasan dari dokter. Jenis obat lain yang termasuk untuk menghalangi produksi asam termasuk famotidine, nizatidine, dan cimetidine.

Pada prinsipnya, penggunaan obat selama hamil harus ekstra hati-hati. Ketika dokter meresepkan omeprazole untuk ibu hamil, maka hal itu sesungguhnya sudah melalui pertimbangan. Ketika manfaatnya sangat diperlukan, dan lebih besar daripada risikonya, maka penggunaannya diperbolehkan.

Jika ternyata keluhan yang bunda alami dapat diatasi dengan menerapkan tips sehat sederhana yang dapat dilakukan di rumah, maka hal itu akan lebih baik dan aman. Sebagai contoh pada keluhan mual dan masalah pencernaan yang dapat diringankan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan lebih sering, menghindari makanan berlemak dan pedas, serta meninggikan dada dan kepala ketika tidur.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM-nya amerika mengkategorikan omeprazole sebagai kategori C untuk kehamilan. Artinya, studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita hamil dan hewan tidak dapat dilakukan. Ini juga berarti, jika mungkin, gunakan terapi alternatif lain yang lebih aman.

Sedangkan, di Inggris omeprazole telah disetujui penggunaannya pada ibu hamil.

Para ibu hamil dan ibu menyusui tidak bisa menggunakan obat neuralgin. Hal ini bisa mengganggu kehamilan dan kelancaran produksi air susu ibu (ASI).

Jadi sebaiknya saat Anda memeriksakan diri ke dokter selalu mengatakan bahwa Anda sedang dalam masa kehamilan berapa minggu. Sehingga dokter dapat memilihkan obat yang tidak ada kontra indikasi terhadap ibu hamil dan menyusui.

Demikian informasi seputar kontraindikasi obat terhadap ibu hamil yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar