Sukses

Anak dengan Kepribadian Introvert
07 Des 2018, 01:23 WIB
Pria, 30 tahun.

saya masih bingung dengan perkembangan anak pertama saya, di umur yang menginjak 3 tahun belum bisa berinteraksi dengan orang. seringnya malu, dan diam jika ditanya. tetapi jika di rumah ceriwis dan senang bercerita walaupun bahasanya belum jelas. Ketika bermain dengan teman seusianya, dia cenderung menyendiri dan hanya melihat temannya bermain. Terkadang saya bantu untuk mendekati temannya untuk ikut bermain tapi jika mainannya di minta temannya, dia hanya diam lagi sambil melihat yang lain bermain. Apakah perkembangan anak saya normal?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk menentukan tumbuh kembang anak Anda normal, sesungguhnya perlu evaluasi yang menyeluruh baik dari profil fisiknya (BB/TB) dan juga perkembangan mental dan kemampuan berbahasa/berinteraksi. 

Untuk anak 3 tahun biasanya sudah bicara dengan jelas dan sudah dapat membentuk kalimat yang terdiri dari 3 kata. Dan selama si Kecil menoleh saat dipanggil dan menunjukkan ketertarikan/mampu memusatkan perhatian pada satu aktivitas tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama, kemungkinan besar tidak ada masalah dalam tumbuh kembangnya.

Dari ceritanya, masih mungkin anak Anda memiliki kepribadian yang introvert. Perlu diketahui bahwa introvert bukan berarti pemalu. Itu adalah dua hal yang berbeda. 

Anak introvert lebih nyaman dan menikmati kegiatan-kegiatan yang dapat ia lakukan sendirian ketimbang harus bersama-sama dengan orang lain. Sedangkan pemalu adalah sifat yang terbentuk akibat rasa khawatir tidak diterima oleh lingkungannya. Sifat pemalu ini bisa saja muncul dari ketidaknyamanan menghadari situasi yang baru. Yang perlu diingat adalah tidak ada yang salah dengan anak yang introvert.

Baca juga: Gaya Belajar yang Pas untuk Anak yang Introvert

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar