Sukses

Berat Badan Bayi 9 Bulan
07 Des 2018, 01:23 WIB
Pria, 34 tahun.

Dokter, anak saya alergi protein susu sapi. Atas rekomendasi dokter sejak umur 3 bulan selain diberikan asi kita juga memberikan susu formula bmt soya sebagai pendamping asi. Umur 6 bulan sampai sekarang 9 bulan kita berikan chil mil soya. Beberapa hari yang lalu kita timbang berat badan anak ternyata msh 8 kg. Ada yang bilang itu karena konsumsi susu soya jadi pertumbuhan berat badan anak kurang. Apakah usia anak 9 bulan berat badan 8 kg itu msh normal dok? Kalo berat badan kurang apakah ada pengaruh karena konsumsi susu formula soya? Kalo mau beralih ke susu formula yg mengandung protein susu sapi, susu formula yg mana yang direkomendasi dok karena anak saya alergi protein susu sapi sejak usia 3 bulan. terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk bayi usia 9 bulan, BB ideal untuk anak perempuan adalah 8,2 kg sedangkan untuk anak laki-laki adalah 8,9 kg. Untuk berat badan bayi Anda masih dalam batas normal meski sedikit di bawah rata-rata.

Penyebab BB-nya lambat naik kemungkinan bukan karena susu formula soya-nya. Melainkan karena faktor MPASInya.

Untuk meningkatkan berat badan bayi MPASI ada berapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. Susu formula dapat diberikan 5-6 kali sehari @150-180 mL/kali minum, maksimal 1 jam sebelum makan.
  2. Bila anak tidak suka nasi tim, coba naik/turunkan tekstur. Usia 9 bulan umumnya anak mulai tumbuh gigi lebih banyak. Ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Jika belum mau makan nasi, sumber karbohidrat bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti.
  3. Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya. 
  4. Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.
  5. Untuk anak di bawah 1 tahun, konsumsi sayur tidak wajib selama anak masih mau makan buah. Bila anak terlalu banyak makan sayur yang mengandung serat, ia akan cepat kenyang dan kurang mendapatkan asupan karbohidrat dan protein yang lebih penting untuk pertumbuhan fisiknya di masa ini.

Silakan dicoba terlebih dulu, apabila BB tetap stagnan di bulan berikut atau malah cenderung turun, sebaiknya segera periksakan ke dokter anak.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda seputar Porsi Makan Anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar