Sukses

Penyebab Trombosit Sangat Tinggi
07 Des 2018, 01:22 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo dokter.. Ibu saya pernah dirawat karena trombosi nya tinggi mencapai 1.800.000 dikasih resep obat ditebus di apotek dg harga 2,5 juta per botol. Setelah minum obat trombosit turun 1.1 juta. Kemudian ibu saya stop obat krn hrga obat mahal.. Sebulan kemudian cek lagi malah trombosit naik lagi 1.9 jt. Yg ingin saya tanyakan kira2 penyebab trombosit tinggi itu apa ya dok. Dan adakah obat yg lebih ekonomis harga nya. Trimakasih dokter

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang. Sebaliknya, jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000. Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.

Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 – 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin.

Ibu Anda kemungkinan besar mengalami kelainan trombosit jenis ini, yakni trombositosis esensial.

Keluhan yang dapat timbul adalah:

Penyumbatan, yang dirasakan sebagai kram pada tangan dan kaki, nyeri dada, atau terjadi stroke.

Dapat pula timbul perdarahan pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (muncul ruam-ruam kemerahan). Hal ini dapat disebabkan karena trombosit dengan jumlah banyak tersebut berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.

Untuk itu, kami sarankan agar ibu Anda dibawa ke dokter penyakit dalam yang ahli hematologi-onkologi medik (SpPD-KHOM) guna evaluasi lebih lanjut dan untuk menentukan penanganan yang paling tepat bagi ibu anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar