Sukses

Berat Badan Bayi Turun Kala MPASI
07 Des 2018, 01:22 WIB
Pria, 27 tahun.

anak saya umur 6 bln dan berjenis kelamin perempuan, selama 1 minggu ini sudah diberi MPASI bubur instan. setelah ditimbang berat badannya turun 2 ons. berat badannya sekarang 7,1 Kg. apa penyebab BB anak saya turun dan apakah hal tersebut wajar? terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

BB bayi yang justru turun kala MPASI bukan hal yang jarang terjadi. Ini bisa terjadi bila asupan MPASI belum cukup sementara jumlah ASI yang dikonsumsi berkurang jauh. Atau, komposisi MPASI yang diberikan relatif sulit dicerna sehingga tidak banyak yang terserat.

Pada kasus bayi Anda, yang lebih mungkin ialah yang pertama. Perlu diketahui bahwa MPASI bulan pertama targetnya pengenalan rasa. MPASI tidak menggantikan pemberian ASI, jadi frekuensi pemberian ASI masih tetap sama seperti bulan sebelumnya, hanya sekarang ditambahkan MPASI 1-2 kali sehari. 

Agar kalori MPASI cukup besar, berikan dulu sumber karbohidrat seperti bubur beras saring atau umbi-umbian (ubi kukus dihaluskan), dan tambahkan puree buah (alpukat/pepaya/buah naga) agar tidak sembelit. Perhatikan pula konsumsi air putihnya, targetkan 100-200 mL air putih dalam sehari untuk bulan pertama MPASI ini.

Di samping itu, tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya.

Bila ASI tidak cukup, bisa ditambah dengan susu formula yang diberikan 5-6 kali sehari @150-180 mL/kali minum.

Bila BB anak tetap tidak naik atau penurunannya signifikan dari bulan sebelumnya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak Anda.

Baca juga:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar