Sukses

Tetes mata jeruk nipis
04 Dec 2018, 09:18 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok,saya mau tanya . Ayah saya baru saja meneteskan jeruk nipis ke matanya,katanya sihh untuk mata minus. Apa itu benar doK?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Pengunaan tetes mata dengan bahan jeruk nipis tidak dianjurkan karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang malah dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan lapisan mata sehingga menyebabkan keluhan mata buram, merah, nyeri dan bengkak. Cairan yang berifat asam dapat menyebabkan trauma pada mata yang masuk ke dalam kegawatdaruratan. Jika mata terkena cairan jeruk nipis sebaiknya langsung bilas mata dengan air bersih yang mengalir dan segera periksakan kondisi mata ke dokter spesialis mata. Oleh sebab itu kami tidak menyarankan penggunaan jeruk nipis untuk tetes mata.

Jeruk nipis memang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan bagi mata. Vitamin C dapat mengurangi risiko kekeruhan pada lensa mata (katarak) dan degenerasi makula. Cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan vitamin C sehari-hari sangatlah mudah. Vitamin C banyak terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, stroberi, pepaya, anggur, tomat dsbnya. Anda dapat mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk buah potong segar atau dalam bentuk jus/minuman, namun bukan dalam bentuk tetes mata.

Untuk menjaga kesehatan mata konsumsi makanan yang mengandung vitamin C saja tidak akan memiliki pengaruh banyak pada kesehatan mata, harus dibarengi dengan vitamin lainnya seperti Vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf mata dan berperan dalam penglihatan malam/gelap, Omega 3, Vit E, Zinc dan selenium.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar