Sukses

Leher Sering Tegang
04 Des 2018, 13:49 WIB
Pria, 22 tahun.

halo, dok. saya bekerja sebagai Graphic Design saya sering merasakan tegang pada leher dan tegang pada bagian dada lebih tepatnya seluruh bagian dada sepertinya ototnya sih tapi ga tau pasti itu apa tapi yang saya rasa seperti itu.. jika leher belakang dan otot dada tegang nafas saya terasa pendek dan ketika saya ingin menarik nafas terasa sakit pada bagian otot dada lalu saya merasa mual serta pusing pada bagian dahi. Apakah yang saya derita ada hubungannya dengan pekerjaan saya yang terlalu banyak duduk dan terlalu lama menatap layar komputer ? lalu jika memang demikian apa korelasi dengan otot dada yang menegang dan nafas saya terasa pendek? terlepas dari pekerjaan sebagai Graphic Design saya juga merasakan hal yang sama ketika berada di tempat keramaian lalu saya mulai merasa cemas akan kesehatan saya dan mulai memikirkan hal yang membuat pikiran saya panik dan lebih parahnya saya mengalami sesak nafas dan berkeringat dingin sekujur tubuh. dari semua yang saya jelaskan apa yang sebenarnya saya alami, Dok? terima kasih. :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nyeri Pada leher dapat disebabkan karena kelainan otot, tulang, persendian, persarafan. Merujuk dari keluhan yang Anda rasakan sakit leher yang diakibatkan salah posisi saat tidur. Secara umum, nyeri pada leher biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Selain itu, nyeri juga dapat dipengaruhi keadaan-keadaan di bawah ini: 

Penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.Herniasi diskus tulang belakang (hernia nukleus pulposus/HNP): dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tanganBeberapa penyakit seperti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leherBerikut cara mengatasi nyeri leher yang dapat Anda lakukan:

Bila sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti-nyeri yang dapat dioles.Cobalah untuk mengompres leher dengan kompres panas dan dingin à dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot.Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi à cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku leherCoba periksa postur tubuh Anda saat duduk, cobalah untuk selalu bersender dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku.Hindari menyetir mobil selama leher Anda kaku dan nyeri.Bila leher nyeri disebabkan oleh otot yang terkilir coba untuk lakukan olahraga leher seperti gerakkan kepala Anda ke atas dan ke bawah serta gerakkan kepala ke samping kiri dan kanan.Bila Anda sudah lama bekerja depan komputer, coba istirahat sejenak untuk melemaskan otot-otot pada leher.Koreksi posisi duduk Anda jika beraktivitas di depan komputer dalam waktu lama. Pastikan posisi duduk Anda baik dan benar.Jika keluhan Anda semakin bertambah berat dan tidak membaik, maka diperlukan pemeriksaan penunjang khusus oleh dokter spesialis saraf.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar