Sukses

Nyeri Menelan dan Tenggorokkan Berdahak
03 Dec 2018, 16:09 WIB
Wanita, 37 tahun.

Pagi dokter, Beberapa hari belakangan Ini, rongga hiding saya terasa perish, sakit buat menelan, tapi hanya sebentar, tidal sepanjang waktu. Saat terasa perish itu, saya mencoba mengeluarkan dahak yang terasa perih itu, dan keluar lendir seperti gel ada bercak darah, hadang merah kadang coklat. Hal ini terjadi tidak tiap hari, namun sering. Mohon penjelasannya dokter, terimakasih. Sandra

Terima kasih telah bertanya seputar hidung tersumbat dan sulit menelan melalui fitur Tanya Dokter. 

Halo, kami memahami kekhawatiran anda

Sulit bagi kami untuk memberikan diagnosis tanpa pemeriksaan langsung. Apakah selain tenggorokan mengganjal ada keluhan lain yang dirasakan seperti suara menjadi serak atau bahkan hilang dan lain sebagainya?apakah ada batuk? bila sempat sembuh atau berkurang kapan?

Apabila Anda terkena radang tenggorokan maka beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghentikan merokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Saran kami sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar