Sukses

Alergi Anak
03 Dec 2018, 13:23 WIB
Wanita, 26 tahun.

Alergi pada bayi berbahaya gak dokter? Apakah berakibat buruk pada sianak?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

Sebelumnya, alergi yang terjadi pada anak Anda muncul dalam reaksi seperti apa? Sebab jenis alergi sangat bermacam-macam, misalnya alergi yang timbul dengan gejala bersin dan beringus (rinitis alergi), alergi dengan gejala sesak nafas (asma), alergi dengan gejala kulit bentol (urtikaria), atau bentuk alergi susu sapi (diare, kembung, muntah). Penyebab alergi juga sangat bermacam-macam. Misalnya tungau debu, udara dingin, makanan tertentu seperti susu, telur, udang, ikan, dll. Seberapa berbahayanya alergi itu akan sangat terkait dengan jenis alergi yang terjadi dan seberapa parah. Utamanya alergi dengan gejala sesak nafas sangatlah berbahaya dan bila terjadi dengan berat maka bisa mengancam nyawa sang anak. Namun bila jenis alerginya adalah gatal dan ruam di kulit, maka tentunya tidak mengancam nyawa, namun akan mengganggu kenyamanan sang anak saja. Alergi susu sapi dan alergi makanan juga bisa memberikan risiko kekurangan gizi pada anak.

Alergi merupakan penyakit kronis. Perjalanan penyakitnya sangat individual. Jika saat ini bayi Anda mengalami alergi terhadap alergen tertentu misalnya alergi tungau debu rumah, belum tentu saat dewasa ia masih akan alergi tungau debu rumah. Sebaliknya pun berlaku, jika saat ini tidak alergi, bisa jadi saat dewasa muncul alergi tertentu.

Sesungguhnya alergi tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan dengan menghindari pencetusnya. Terkait dengan antibiotik, itu bukanlah terapi dari alergi, tetapi infeksi. Kemungkinan bintik-bintik merah pada kulit bayi mengalami infeksi sehingga keluar cairan atau nanah dan membutuhkan antibiotik untuk mengatasi infeksinya. Selama kulit bayi masih terpapar oleh pencetus, bintik-bintik tersebut masih akan muncul.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar