Sukses

Stroke Batang Otak
03 Dec 2018, 09:40 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau bertanya tentang stroke batang otak. Apakah stroke ini sangat parah? Dan apakah masih bisa diobati. Terimakasih dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Stroke merupakan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat dan tepat. Ini adalah kondisi di mana terdapat gangguan neurologis akibat tersumbatnya pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) yang berada di otak.

Adapun stroke batang otak berarti kejadian stroke yang menyerang area otak yang disebut 'batang otak'. Batang otak merupakan area yang sangat penting karena pusat pernafasan dan berbagai pusat saraf lain berada di sana. Oleh sebab itu kerusakan pada batang otak (misalnya akibat stroke) bisa memberikan efek yang sangat berat terhadap penderitanya. 

Stroke termasuk salah satu kondisi gawat darurat medis yang sering terjadi dan mengancam nyawa. Oleh karena itu, stroke harus segera dideteksi dan ditangani dengan tepat.

Seseorang yang mengalami serangan stroke harus segera diberi pertolongan medis di rumah sakit. Hal ini perlu dilakukan agar mencegah kerusakan otak berlanjut dan meningkatkan peluang untuk pulih pada penderita.

Golden period atau periode emas penanganan awal stroke adalah tiga jam sejak stroke mulai menyerang. Penanganan segera yang dilakukan dalam periode tiga jam tersebut dapat sangat memengaruhi kualitas kesehatan penderita ke depannya.

Mengenai bisa atau tidaknya diobati, hal ini tergantung dengan seberapa besar kerusakan yang terjadi pada saat stroke menyerang. Apakah jaringan batang otak yang rusak sangat besar dan luas, atau justru tidak terlalu luas. Untuk itu, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI dapat membantu menegakkan kemungkinan sembuh pada pasien. Kami sarankan agar Anda bertanya secara langsung pada dokter yang merawat pasien, sehingga jawabannya lebih pasti dan akurat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar