Sukses

Mengantuk Setelah Minum Kopi
29 Nov 2018, 18:11 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok saya mau tanya Kenapa setelah saya minum kopi badan di bagian belakang saya terasa sakit atau pegal dan mata merasa kantuk

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika Anda minum kopi sepanjang hari, Anda mungkin dapat merasakan fluktuasi energi dan kewaspadaan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan adrenal kronik. Aktivitas neuron yang berlebihan dapat memicu produksi adrenalin, yaitu hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal. Ketika adrenalin habis, energi pun turun. Ketika proses ini berulang sebanyak dua, tiga, atau empat kali, tubuh Anda berada dalam keadaan konstan dari apa yang disebut sebagai “caffeinism”. Gejala-gejalanya adalah badan lemas, cemas, mudah tersinggung, dan depresi. Proses ini juga bertanggung jawab terhadap terciptanya toleransi terhadap kopi. Inilah sebabnya bagi beberapa orang mereka  bisa minum empat gelas kopi dan tidak merasa berenergi dibandingkan dengan orang lain yang hanya minum satu gelas.

Kandungan kafein pada kopi memang dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin, sehingga kopi dapat membangkitkan semangat. Peningkatkan hormon adrenalin ini juga disertai dengan cepatnya detak jantung dan kenaikan tekanan darah.

Kafein pada kopi memiliki efek diuretik yang dapat mengakibatkan kenaikan produksi dan ekskresi urine dalam tubuh. Efek diuretik inilah yang menyebabkan tubuh Anda kehilangan banyak cairan atau dalam keadaan dehidrasi. Jika dehidrasi, pastinya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Hal ini bisa terjadi saat Anda mengonsumsi lebih dari empat gelas kopi dalam sehari.

Ingat, kopi hanya bersifat menyembunyikan rasa kantuk, bukan menghilangkannya. Jika Anda justru merasa mengantuk dan lemas setelah minum kopi, bisa jadi ini lebih terkait pada kualitas tidur Anda yang buruk pada malam sebelumnya.

Jika kebiasaan ngopi Anda mengganggu siklus tidur harian Anda atau menyebabkan badan lemas, mungkin sudah waktunya untuk menguranginya. Karena menghentikan asupan kafein secara mendadak dapat memberikan efek samping seperti sakit kepala dan mudah marah, kurangi asupan kafein secara bertahap. Misalnya Anda dapat pelan-pelan mengurangi dosisnya atau beralih ke kopi tanpa kafein (decaf).

Minum kopi dalam jumlah yang cukup memang bisa membangkitkan semangat. Namun, ingat untuk tidak mengomsumsinya terlalu banyak dari dosis yang dianjurkan, sehingga Anda dapat terhidar dari badan lemas dan tak bertenaga karena dehidrasi. Jika badan lemas setelah minum kopi, segera konsumsi minuman yang mengandung elektrolit agar tubuh kembali bugar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar