Sukses

Depresi Post Partum
29 Nov 2018, 07:55 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok, umur sy 38thn. Sebulan yg lalu, saya baru saja melahirkan anak ke 3 melalui SC dan sekaligus steril. Persalinan sebelumnya normal. Setelah kurleb 2 minggu pasca melahirkan, saya tiba2 menjadi susah tidur, sesak nafas yg amat parah, terutama pd malam hari. saya tdk bisa berbaring, sy tidur dgn posisi nungging dok. Sy sebelumnya punya riwayat panic attack dan anxiety disorder. Saya pikir keluhan sy akan hilang sendiri dok. Tapi hingga kini masih sama dok. Bisa dikatakan tiap mlm sy melek dan takut untuk tidur krn sesak nafas. Sy mengunjungi psikiater, tp oleh beliau malah saya di marahi, katanya itu semua cm pikiran saya. Rasanya sgt menderita sekali dok. Wajah saya muram, kantong mata besar, kulit pun kini kekuningan. Saya minum obat alprazolam 0,5mg. Tapi ada perasaan bersalah kalo minum obat itu, krn saya menyusui. Jd tiap malam saya menderita krn sama sekali tidak tidur. Dok.. apakah saya menderita PPD? Bila memang depresi pasca melahirkan, dimana saya bisa mencari bantuan medis?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Depresi setelah melahirkan alias postpartum depression merupakan kondisi yang sering terjadi pada wanita setelah proses persalinan selesai. Gejala yang sering timbul akibat kondisi ini adalah perasaan sedih, cepat marah, putus asa, enggan keluar rumah, malas makan, dan kesulitan tidur di malam hari.

beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan kejadian depresi setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

  • Perubahan kadar hormon setelah melahirkan
  • Riwayat depresi sebelumnya
  • Kelelahan
  • Emosi yang tidak stabil
  • Keadaan lingkungan
  • Mengatasi depresi postpartum setelah melahirkan

 

Nah, jika Anda merasa gejala tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis jiwa sehingga dapat dilakukan wawancara dan pemeriksaan lanjut sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar