Sukses

Gejala Penyakit Menular Seksual
28 Nov 2018, 04:25 WIB
Wanita, 35 tahun.

Malam dok Kalau hasil cek sekret vagina Gram postif negatif Gram negatif negatif Trichomonas negatif Fungus negatif Candida positif Lektosit positif Diplococcus positif Itu artinya positif kena PMS ya dok

Terima kasih telah bertanya seputar Gejala Penyakit Menular Seksual menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala:

Duh tubuh: cairan yang keluar dari kemaluan yang tidak normal. Pada wanita biasanya disebut keputihan. Cairan yang tidak normal biasanya warnanya kehijauan, keabu-abuan, berbusa.

Nyeri berkemih, yaitu adanya keluhan saat buang air kecil seperti terasa sakit, perih, panas, anyang-anyangan.

Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, dubur/anus. Benjolan tersebut dapat berupa jengger ayam di daerah sekitar dubur atau kemaluan, pembesaran kelenjar getah bening biasanya di daerah lipat paha atau bintik-bintik berair seperti cacar air di daerah kemaluan atau mulut.

Pada infeksi HIV, mulanya biasanya disertai dengan gejala seperti flu biasa kemudian dapat sembuh sendiri, sehingga perlu pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui adanya infeksi virus HIV. Mereka yang memiliki perilaku aktivitas seksual yang berbahaya sebaiknya memeriksakan status HIV-nya ke dokter.

Mengingat Anda memiliki keluhan keputihan dan benjolan, memang sedikit timbul kecurigaan apakah telah terjadi infeksi menular seksual. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan secara langsung terkait gambaran organ kelamin wanita (apakah ada tanda kemerahan, tanda radang, dll yang menyertai keputihan), serta terhadap benjolan tersebut. Keputihan itu sendiri sebenarnya bisa pula bersifat normal, apalagi dekat dengan siklus menstruasi seperti yang Anda ceritakan, hanya jumlahnya tidak banyak, tidak berbau, konsistensi tidak kental, tidak disertai rasa gatal, dll (sayangnya keterangan ini tidak disertakan pada riwayat Anda). Mengenai nyeri perut bawah, penyababnya bisa bermacam-macam, misalnya nyeri ketegangan otot, infeksi saluran kemih, gangguan organ perkembangbiakan (mulai dari indung telur hingga rahim) yang semuanya harus dibedakan lewat wawancara mendalam dan pemeriksaan. Tidak masalah bila Anda menginginkan USG untuk mengetahui gangguan apa yang sedang terjadi.

Oleh sebab itu, kami sarankan agar Anda langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin karena pemeriksaan-pemeriksaan infeksi menular seksual harus diperiksakan secara langsung. Terbukalah pada dokter Anda nanti agar pemeriksaan-pemeriksaan yang dibutuhkan (termasuk pemeriksaan HIV, bila diperlukan) dapat dilakukan. Tentu saja kita semua berharap tidak ada penyakit yang terkena pada Anda dalam 3 tahun perilaku seks bebas tersebut. Semoga hasil pemeriksaan sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian informasi seputar Gejala Penyakit Menular Seksual yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar