Sukses

Seputar Trauma Mata

27 Nov 2018, 21:33 WIB
Pria, 16 tahun.

Halo dok, saya mau bertanya kan saya saat SMP kelas 1 pernah menjalani operasi katarak pada mata kanan saya. Mulai dari masuk SMA sampai sekarang saya kelas 2 SMA saya mengikuti kelas latihan tinju dan saya sangat menyukai olahraga tersebut. Terkadang saya suka ikut sparring tinju dan saya pernah mengikuti lomba tinju sekali yang mana kalau tanding sering berkontak langsung dengan kepala saya seperti terkena pukulan. Apakah hal tersebut baik baik saja terhadap kondisi mata saya mengingat saya pernah menjalani operasi katarak?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Trauma mata adalah tindakan sengaja maupun tidak yang menimbulkan perlukaan mata. Trauma mata merupakan kasus kegawatdaruratan mata. Keluhan yang dapat Anda rasakan adalah gangguan penglihatan akibat benturan / pukulan di mata. Keadaan ini termasuk kedalam trauma tumpul. Trauma tumpul pada mata dapat mengenai organ eksterna (orbita dan palpebra) atau interna (konjungtiva, kornea, iris atau badan silier, lensa, korpus vitreus, retina dan nervus optikus (N.II)).

Trauma tumpul dapat menimbulkan perlukaan ringan yaitu penurunan penglihatan sementara sampai berat, yaitu perdarahan didalam bola mata, terlepasnya selaput jala (retina) atau sampai terputusnya saraf penglihatan sehingga menimbulkan kebutaan menetap. Apakah pada saat kejadian terjadi perdarahan di mata?

Untuk menentukan apakah terjadi gangguan penglihatan terlebih dahulu perlu dilakukan tes visus mata, tes snellen untuk pengukuran dan pencatatan ketajaman penglihatan. Slit lamp : untuk melihat kedalaman cedera di segmen anterior bola mata atau pemeriksaan dengan menggunakan optalmoskop.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter Mata Anda, agar dapat diketahui perkembangan visus mata Anda saat ini dan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan mendapatkan terapi yang optimal. Saat ini kami tidak dapat memberikan pendapat mengenai apa yang kondisi mata Anda, karena tidak adanya pemeriksaan mata secara langsung .

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar