Sukses

Masalah Hormon Tiroid dan Jerawat Di Punggung

26 Nov 2018, 10:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok satu bulan setengh yg lalu tiba tiba mulut saya persisnya lidah seperti merasa terbakar saya sudah konsultasi dr berbeda dokter umum semua mngatakan gpp itu hal yg wajar tetapi skrg mulut saya sudah tdk mersakan sakit namun gusi masih terasa sakit dan di lidah saya muncul putih seperti gambar peta itu keluar timbul dok apakah itu berbahaya ??? Saya juga sering mengigil kedinginan namun cuaca sangat panas apakah ada pnyakit lain dok apakah ini hal yg wajar soalnya sudah lama saya rasakan dok.dan saya juga seperti punya alergi di sekitar punggung dan dada saya seperti timbul nya jerawat setelah berkeringat bnyak dok...mohin jwbnnya trmksh

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami akan menjawab satu - persatu pertanyaan yang sudah diberikan. Yang pertama mengenai kedinginan. Apakah Anda pernah memeriksa kadar hormon tiroid Anda? Berbagai gejala yang Anda sebutkan bisa merupakan bagian dari sakit hipotiroid. Pada dasarnya kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hormon T3 yang rendah bisa dikategorikan hipotiroid.

Kami tidak dapat memastikan apa yang menjadi penyebab dari hipotiroid yang Anda alami, tanpa melakukan wawancara medis dengan lengkap dan tanpa pemeriksaan fisik. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, agar kondisi yang dialami dapat ditangani secara maksimal.

Hingga kini, hipotiroid diobati dengan meminum obat yang serupa hormon tiroid, yaitu levotiroksin. Obat ini akan menggantikan kekurangan hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Yang kedua, mengenai jerawat di punggung. Hal ini memang sering terjadi pada mereka yang memiliki kondisi kulit berminyak, memiliki keturunan kulit berjerawat dan kondisi jerawat pada kulit yang cukup berat. Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran.

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya. Pengaruh hormonal juga menjadi tantangan tersendiri. Jerawat di punggung paling sering juga disebabkan karena kondisi kulit yang berkeringat.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah dan daerah berminyak lainnya. Untuk daerah punggung Anda juga bisa mencoba untuk melakukan perawatan lulur secara rutin 2 kali seminggu.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin yang dapat membantu Anda dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Yang ketiga, untuk masalah rongga mulut ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk melihat kondisi kesehatan rongga mulut Anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar