Sukses

Alergi Susu Sapi dan Infeksi Usus

24 Nov 2018, 15:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

dokter aku mau tanya anak ku minum susu morinaga waktu usia 2 bulan itu alergi bentol2 merah, minum lactogen setiap habis nyusu muntah , lalu ak cari yang tingkat alergi ny sedikit ak beli bebelac .. anak q baru pulang dr rs, di rawat 5 hari dengan indikasi leukosut ny tinggi dan hb ny rendah demam tinggi kejang akhirny d rawat. trus kata dokterny juga ada infeksi usus . pertanyaan aku apakah alergi terhadap susu sapi tertentu ke semua juga alergi ? trus hal yg aku takutkan infeksi usus ny terjadi karna alegi susu dr bebelac yg tingkat ny aleegi ny rendah mohon dokter jawaban ny makasih

Terima kasih telah bertanya seputar Alergi Susu Sapi dan Infeksi Usus menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelumnya, apakah hal yang membuat anak Anda mengkonsumsi susu sapi saat usia di bawah 6 bulan? Bila terdapat alergi susu sapi sebaiknya Anda tidak mengganti susunya dengan produk yang mengandung susu sapi dahulu. Dapat diberikan susu soya sebagai pengganti susu sapi. Bila tidak pernah didiagnosis mengalami alergi susu sapi, BAB yang lembek saja secara umum. bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), danSaluran pernapasan (4-25%).Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Reaksi lambat alergi susu sapi umumnya disebabkan oleh respon hipersensitivitas non antibodi IgE dan berlangsung dalam hitungan jam atau hari setelah konsumsi susu. Gejalanya antara lain:

- Penurunan berat badan

- Pertumbuhan terhambat

- Ruam kulit seperti eksim

- Menolak makan

- Diare

- Kolik perut

- Mudah marah dan rewel

Bila anak Anda menunjukkan beberapa gejala di atas, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah ia mengalami alergi susu sapi. Sementara itu, jangan memberikan produk susu sapi terlebih dahulu pada anak Anda.

Radang usus (enteritis) merupakan bentuk inflamasi usus yang paling sering disebabkan oleh infeksi, dengan gejala nyeri perut, muntah, dan mencret. apakah gejaala tersebut yang anda rasakan?

Apabila sebelumnyaa anda telah memeriksakan diri kepada dokter kemudian diberikan obt namun keluhan belum juga membaik, maka anda daapat kembali kepada dokter agar dapat dilakuakn evaluasi lebih lanjut terkait kondisi penyakit anda serta terapi apa yang selanjutnya perlu dijalani.

Demikian informasi seputar  Alergi Susu Sapi dan Infeksi Usus yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar