Sukses

Sinusitis
24 Nov 2018, 15:31 WIB
Pria, 18 tahun.

Dokter hidung saya bercair dan kepala saya terasa sakit susah tidur

Terima kasih telah bertanya seputar sinusitis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sinusitis sebenarnya merupakan inflamasi dari sinus paranasal yang terletak pada tulang tengkorak manusia. Sinus paranasal terdiri dari sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid. Yang terkena dapat kedua belah sinus atau hanya kiri atau kanan saja. Maka keluhan pun hanya dapat terjadi belahan wajah di mana sinusitis terjadi. Bagaimana dengan Anda?

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Anggap saja rongga sinus seperti saluran got, dimana bila mampet dapat dibersihkan, namun bila datang hujan dapat mampet lagi bukan? Jadi sebaiknya memang anda mengetahui penyebab dari sinusitis anda, bila di sebabkan oleh alergi maka cukup sulit, yang dibutuhkan adalah menjaga agar alergi tidak kambuh, cari pencetus alergi anda. Memang pada keadaan akut ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan seperti pemberian antibiotik yang cukup lama, pengencer dahak, obat alergi, serta uap/sinar, dan operasi. Operasi pada sinusitis diindikasikan bila dengan pengobatan kondisi tidak membaik. Tujuan operasi adalah untuk memperbaiki drainase atau aliran sinus dengan mengangkat/menghilangkan sumbatan dan drainase mukus.

Apakah Anda mengetahui penyebab dari sinusitis Anda? Apabila penyebabnya adalah alergi, tentu sinus dapat kambuh kembali. Yang harus Anda jaga adalah agar tidak ada sumbatan lagi. Sinusitis merupakan penyakit yang cukup kompleks karena ada beberapa faktor yang harus ditangani untuk menyembuhkan sinusitis.

Untuk diagnosis sinusitis paranasal dokter akan melakukan wawancara medis menyeluruh, pemeriksaan fisik secara langsung, atau pemeriksaan penunjang bila diperlukan seperti rontgen atau CT-scan. Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis THT untuk mengetahui penanganan selanjutnya dari kondisi Anda.

Demikian informasi seputar sinusitis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar