Sukses

Jantung Berdebar
19 Nov 2018, 13:30 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dok. Setahun yang lalu saya divonis dokter menderita sakit hipertiroid. Jantung saya berdebar tidak seperti biasa nya dok. Setelah diberikan obat, dan obat tersebut saya konsumsi selama 6 bulan. kemudian saya cek darah lagi untuk yang kedua kalinya. Ternyata hormon saya sudah normal kata dokter tersebut. Yang ingin saya tanyakan adalah, kenapa sampai sekarang jantung saya masih terus2an berdebar kuat sekali dok, tidak seperti biasanya. Apakah itu termasuk penyakit aritmia juga dok. Mohon respon nya ya dok. Terimakasih, selamat malam dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai jantung berdebar melalui fitur Tanya DokterHalo,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila memang saat ini kondisi hormon tiroid Anda sudah normal, maka bisa jadi muncul kemungkinan bahwa jantung berdebar tersebut disebabkan oleh hal yang lain.

Namun, perlu diperiksa terlebih dahulu, apakah jantung berdebar yang Anda alami masih dalam batas normal (masih dalam rentang normal frekuensi nadi) atau justru terdapat gangguan irama jantung (aritmia). Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan EKG diperlukan untuk mengonfirmasinya.

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

Latihan fisik yang terlalu berat.

Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

Obat-obat pelangsing, asma.

Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi MSG.

Ada baiknya agar Anda mengunjungi dokter yang sudah merawat anda. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai jantung berdebar . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar