Sukses

Bintik Putih Berisi Cairan di Kemaluan

19 Nov 2018, 12:10 WIB
Pria, 21 tahun.

Mau tanya.. Ini di kemaluan saya ada masalah. Bagian buah zakar kukit nya ada bintik putih, terus ada cairannya.. Berawal dari gatal.. Bintik putih ini jika di sentuh sangat sakit. Apa ini berbaya dok? Bagaimna penangananya? Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat dasar kulit yang kemerahan disekitar lenting berisi cairan tersebut? Apakah lenting tersebut terbentuk dalam jumlah yang banyak? Apakah Anda memiliki faktor risiko berupa hubungan seksual yang tidak aman, misalnya dengan berganti pasangan/ berhubungan dengan PSK/ tidak menggunakan pengaman?

Berdasarkan keluhan Anda dimana terdapat bintil berisi cairan putih/bening, dan terasa pedih pada kelamin, sulit bagi kami untuk memastikan diagnosis pasti tanpa memeriksanya secara langsung. Namun ada kemungkinan keluhan gejala tersebut ialah bagian dari penyakit herpes genitalis. Herpes genitalis merupakan bintil-bintil berisi cairan jernih  atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II.  Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi  di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel (bintil berisi cairan bening), di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri.Setelah terjadinya infeksi pertama, yang ditandai dengan timbulnya gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri di mukosa mulut, wajah atau alat kelamin, maka virus tersebut akan bermigrasi masuk ke dalam saraf tepi dan akan terus menetap (berdormansi) di saraf tersebut hingga suatu saat virus tersebut aktif kembali. Pengaktifan kembali virus tersebut dapat terjadi akibat penurunan daya tahan tubuh, infeksi, stress, trauma (kecelakaan), dll. Penularan terhadap orang sekitar dapat terjadi saat infeksi HSV sedang aktif, yaitu pada saat terdapat keluhan berupa gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual.

Namun untuk lebih memastikan kelainan yang Anda miliki sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar