Sukses

Menambah Berat Badan Anak
19 Nov 2018, 12:10 WIB
Pria, 23 tahun.

halo dok,. saya memiliki 1 anak laki-laki usianya 9 bulan, tetapi berat badannya hanya 6,6kg sedangkan BB lahirnya 3,2kg panjang 49cm.. kira-kira bgmna ya dok, normal kah ? kalo tinggi badannya ketika di ukur 2 bulan lalu 66cm.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang cara menambah berat badan bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari kurva tumbuh kembang, memang berat badan anak Anda saat ini (6,6 kg untuk usia 9 bulan) tergolong kurang. Beberapa trik dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan anak. Selain memperbaiki pola makan, perlu diperiksakan juga ke dokter anak mengapa berat badan bayi Anda kurang, misalnya adakah anemia, adakah penyakit paru kronik, dll. 

Untuk meningkatkan berat badan bayi MPASI ada berapa hal yang dapat Anda lakukan:

Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. 

Untuk makanan berat, pilihlah makanan yang kalorinya tinggi, misalnya mengandung banyak lemak. Usia 10 bulan umumnya anak mulai tumbuh gigi lebih banyak. Ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Jika belum mau makan nasi, sumber karbohidrat bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti. Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya.  Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai. Berikan asupan sayur dalam jumlah yang cukup, hati-hati membuat anak cepat kenyang bila belum mengonsumsi sumber protein dan lemak.

Terakhir, apakah anak Anda masih minum ASI? Atau, mendapatkan susu formula? Anda juga dapat menambahkan porsi minum susu untuk menambah berat badan bayi. Namun perhatikan jangan berikan susu pada jam makan, agar anak tidak justru kekenyangan dan menolak makan berat.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. 

Terimakasih,

 

0 Komentar

Belum ada komentar