Sukses

Pasca Operasi Hernia
19 Nov 2018, 12:10 WIB
Pria, 31 tahun.

tanya dok, setelah oprasi hernia, kenapa kantung testis saya ada benjolan keras, dan coba saya pencet terasa sakit, yg saya mau tanyakan benjolan keras dan sakit itu apa dok? apakah efek dari rembes nya darah dari jahitan, atau karna rasa sakit dari jahitan berefek pada benjolan tsb? dan cara penanganan nya bagaimana.. trima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai perawatan pasca operasi hernia melalui fitur Tanya Dokter

Sudah berapa lama Anda menjalani operasi hernia? Sudahkan Anda kontrol pada dokter yang mengoperasi Anda? Apa tipe operasi yang Anda dapatkan?

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pasca operasi hernia, penyembuhan bisa dipengaruhi oleh tipe operasi. Operasi dengan membedah perut akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa pulih, dibandingkan dengan laparoskopi, metode pembedahan dengan luka minimal. Biasanya jahitan akan mengering dalam 5-7 hari. Tidak ada pantangan khusus untuk makanan tertentu pasca operasi usus hernia. Makanlah makanan tinggi protein dan vitamin untuk mempercepat proses penyembuhan luka, seperti putih telur dan daging-dagingan. Disarankan mengkonsumsi serat supaya BAB tidak perlu mengedan,

Beberapa hal yang menjadi sorotan pada pasca operasi adalah nyeri dan aktivitas. Nyeri diatasi dengan obat nyeri yang dibekali oleh dokter Anda sewaktu pulang. Tidak ada gunanya beristirahat terlalu lama. Anda bisa memulai aktivitas sebisa Anda, sebatas yang tidak menimbulkan rasa nyeri di tubuh Anda. Sebaiknya Anda tidak mengangkat berat atau usaha apapun dalam mengedan.

Sebaiknya, konsultasikan selalu kondisi Anda dengan dokter yang mengoperasi Anda, agar pemulihan pasca operasi dapat berjalan lancar. Sebab kami kesulitan untuk memastikan apakah benjolan keras yang Anda sebutkan tersebut adalah hal normal dan merupakan proses penyembuhan/ justru sebaliknya.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai perawatan pasca operasi hernia, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar