Sukses

Kepala Anak Sering Terbentur
19 Nov 2018, 10:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok anak saya sekarang berusia 1tahun, dia sering sekali terjatuh dan kepalanya terbentur. saya takut terjadi apa-apa pada anak saya, terlebih saya memiliki saudara yg kisah anaknya mirip dengan anak saya, usia anak saudara saya 2tahun dan dia kritis karena telah banyak darah yg membeku di otaknya karena sering jatuh dan terlambat diketahui. apa yg harus saya lakukan dok agar saya dapat tau kondisi kepala anak saya yg sebenarnya? jika saya harus memeriksakan anak saya, jenis periksa apa yg harus saya ambil?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan terhadap anak anda. Sebelumnya, kasus pada anak saudara Anda harus ditelaah lebih jauh. Darah yang membeku tidak mungkin tersimpan lama dalam otak/ kepala, sebab bila terdapat sedikit saja darah beku maka secara perlahan-lahan akan dipecahkan dan dihilangkan oleh sistem pertahanan tubuh. Kecuali bila terjadi benturan yang sangat dahsyat, dan dalam waktu singkat terjadi perdarahan yang sangat berat di otak, barulah ini yang dapat menyebabkan kondisi kritis hingga kematian. Untuk itu, kemungkinan tidak benar bahwa 'terjadi penumpukan darah membeku di otak karena sering jatuh', karena hal ini tidak ada di dunia kedokteran. Yang ada adalah kondisi terbentur hebat dan terjadi penumpukan darah secara banyak dalam waktu singkat.

Sebab, bila ada penumpukan darah, tentunya akan langsung kelihatan gejalanya. Bila ada gejala cedera kepala dan penumpukan darah di otak, maka tentunya kondisi anak tidak akan baik-baik saja. Akan ada muncul gejala, misalnya muntah, pusing, nyeri kepala, kelemahan sebelah tubuh, kesemutan sebelah tubuh, pelo, dll. Untuk itu, bila saat ini anak Anda tidak memiliki gejala tersebut, kemungkinan tidak ada cedera di otaknya akibat proses terbentur selama ini.

Kepala memang merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan otak dan sistem saraf pusat lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak,  termasuk benturan kepala. Namun benturan kepala yang harus diwaspadai adalah bila diikuti dengan keluhan muntah, kejang, penurunan kesadaran atau sakit kepala terus-menerus.

Saat ini anda tidak perlu merasa khawatir bila anak anda tidak mengalami salah satu gejala yang saya sebut di atas, karena pada dasarnya kepala dilindungi oleh tulang kepala yang sangat kuat. Dibutuhkan benturan yang sangat kuat sehingga mampu menimbulkan gangguan/kerusakan di dalam kepalanya. Namun demikian, tindakan pencegahan merupakan tindakan yang jauh lebih baik daripada pengobatan. Tentunya anda juga tidak menginginkan sesuatu yang buruk menimpa anak anda. Oleh karena itu saya sarankan sebaiknya jangan pernah tinggalkan anak anda sendirian tanpa pengawasan. Nasihatilah anak anda untuk lebih berhati-hati saat bermain. Semoga kejadian yang sama tidak akan terulang kembali.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar