Sukses

Tubuh Gemetar Saat Terbangun
18 Nov 2018, 06:11 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter saya ani dok saya mau tanya saat saya sedang tertidur tiba tiba terbangun terus tubuh bergetar itu kenapa yah dok ? Oh iya saya baru pertama kali seperti itu dok . Mohon penjelasanya dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami disebut dengan tremor. Untuk menentukan penyebabnya, diperlukan wawancara yang mendalam dan juga pemeriksaan fisik yang menyeluruh.

Bagian tubuh mana saja yang mengalami gemetar? Adakah keluhan lain yang dirasakan, seperti keringat dingin atau sesak nafas?

Gemetar atau tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang menyeabkan tremor seperti gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa. Kadang-kadang juga muncul bila ada gangguan psikis seperti kecemasan, rasa gugup atau stres, serta bila kurang tidur, terlalu lelah, kekurangan vitamin tertentu, atau akibat konsumsi minuman berkafein yang berlebihan. Bisa juga gemetar merupakan reaksi tubuh terhadap mimpi buruk yang dialami.

Untuk sementara coba dulu mengurangi minum kopi bila ini menjadi kebiasaan Anda, hindari alkohol dan rokok, serta konsumsi vitamin saraf seperti vitamin B 12, B 6. 

Jika keluhan semakin sering dan dirasa menganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar