Sukses

Solusi kulub penis tertutup

16 Nov 2018, 08:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok saya mau nanya nih kulub penis saya masih tertutup bisa kah kasih solusi selain disunat?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Pada prinsipnya, kulup atau kulit yang menutupi penis berfungsi memberikan perlindungan kepada penis. Pada anak- anak, kulit ini relatif mudah ditarik ke belakang sehingga kepala penis dapat dikeluarkan dan mudah dibersihkan. Akan tetapi kulit ini memiliki elastisitas yang terbatas. Seiring dengan waktu, kepala penis dapat memiliki ukuran yang lebih besar dari kulit yang menutupi sehingga kulitnya tidak lagi dapat ditarik ke belakang dengan sempurna. Kondisi ini umumnya menyebabkan penumpukan sisa semen atau smegma yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Sayangnya, metode sirkumsisi atau sunat memang merupakan satu- satunya cara untuk menghilangkan kulup ini sehingga kepala penis dapat terbuka sempurna. 

Selain alasan tersebut, sirkumsisi juga memiliki berbagai manfaat. Dengan disunat, pada umumnya sensasi kenikmatan seksual yang dirasakan akan lebih baik. Selain itu terdapat bukti bahwa dengan disunat dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV.

Untuk menambah wawasan Anda, kami akan menjelaskan sekilas tentang metode sirkumsisi yang biasa dilakukan. Di kota- kota besar, terdapat dua metode sirkumsisi yang umumnya dilakukan. Metode pertama adalah sirkumsisi dengan penggunaan alat kauter dan laser, yaitu sunat dengan menggunakan energi panas. Metode ini biasanya dilakukan di RS dengan fasilitas yang lebih lengkap. Keuntungan dari metode ini adalah lama prosedur yang cepat dan bersih, dalam arti, tidak keluar darah dalam jumlah banyak. Namun, proses penyembuhan jaringan nantinya akan lebih lama, karena sebetulnya darah diperlukan dalam proses penyembuhan tersebut.

Metode kedua adalah metode konvensional menggunakan gunting dan penjahitan. Dokter dengan fasilitas klinik yag terbatas umumnya dapat melakukan teknik ini. Durasi pelaksanaanya memang memakan waktu sedikit lebih lama, namun penyembuhannya relatif lebih cepat dibandingkan dengan metode kauter atau laser. Karena dilakukan pembiusan lokal, metode sunat manapun tidak terasa sakit sewaktu dikerjakan.

Bila Anda masih memiliki kekhawatiran akan prosedur sirkumsisi, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter urologi agar dapat dijelaskan secara menyeluruh dan mendalam terkait risiko dan manfaat dari sirkumsisi tersebut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar