Sukses

Kolesterol dan Gangguan Mata
16 Nov 2018, 08:43 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, bola mata saya tiba-tiba seperti lebih maju ke depan. Sebelumnya saya pakai soflens setiap hari selama 2 minggu kebelakang. Saya sudah menghentikan memakai soflens tapi mata saya masih seperti maju kedepan dan terasa sakit. Saya tidak tahu kolesterol saya tinggi atau tidak, tapi sebelum mata terasa sakit saya makan kerang hijau cukup banyak. Apakah kolesterol juga bisa menyebabkan gangguan pada mata dok?

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah hubungan kolesterol dengan gangguan pada mata dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kolesterol yang tinggi dan tidak terkendali dapat menyebabkan pembentukan plak yang menjadi sumbatan (atherosklerosis) di pembuluh darah. Sumbatan ini akan mengganggu peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke mata. 

Beberapa gangguan pada mata yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi, antara lain :

  1. Oklusi arteri retina. Sumbatan pada pembuluh darah arteri retina atau oklusi arteri retina dikenal dengan sebutan "stroke mata". Sumbatan tersebut disebabkan oleh penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri retina. Faktor risiko dari peristiwa tersebut adalah diabetes, merokok, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.Karena oklusi arteri retina mempengaruhi saraf mata yang menghubungkannya dengan otak, maka gejala utama yang timbul adalah kehilangan atau penurunan kemampuan penghilatan secara mendadak tanpa adanya rasa nyeri pada mata.
  2. Arkus kornea. Arkus kornea sering ditemukan pada orang berusia lanjut. Jika ditemukan pada usia 40 tahun, periksakan kolesterol darah Anda karena arkus kornea bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. Pada usia di bawah 40 tahun, adanya temuan arkus kornea bisa menjadi faktor penentu adanya penyakit jantung koroner. Arkus kornea merupakan sebuah cincin putih atau abu-abu yang berada di sekeliling kornea. Kondisi ini disebabkan oleh endapan lemak dan kolesterol. Biasanya, tidak memengaruhi penglihatan secara tajam.
  3. Xanthelasma. Xanthoma adalah endapan lemak di bawah kulit. Jika endapan tersebut terjadi di mata, maka namanya berubah menjadi xanthelasma. Xanthelasma terjadi akibat kolesterol tinggi yang tidak terkendali. Endapan lemak ini membentuk bintik atau benjolan kecil berwarna kekuningan di bagian dalam kelopak mata atas dan bawah. Xanthelasma dapat terjadi pada kedua mata secara bersamaan dan tidak memengaruhi fungsi kelopak mata untuk berkedip, membuka atau menutup. Namun, semakin lama xanthelasma dibiarkan, ukurannya bisa semakin membesar dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk tetap memeriksakan diri ke dokter spesialis Mata maupun dokter spesialis peyakit dalam untuk mencari tahu kadar kolesterol dan penyebab mata Anda terasa sakit. Diperlukan wawancara medis, pemeriksaan fisik detail dan pemeriksaan penunjang berupa laboratorium untuk mengetahui penyebab dan pemberian terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar