Sukses

Pusing Berputar dan Tanda Kehamilan

16 Nov 2018, 07:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya mau tanya dok. Saya itu akhir" ini pusing trus klo buat tiduran pusingnya tu kya muter gitu, nafsu makan saya menurun, klo abis makan suka mual tpi nggk sampe muntah. Saya juga ada telat haid hampir 3 bulan dok. Klo misal saya hamil tpi nggk ada bercak darah trus perut saya buncit tpi bergelambir dok. Soalnya pernah baca klo orang hamil perutnya kenceng nggk bergelambir. Mungkin itu dok terimakasih

Terimakasih sudah bertanya seputar pusing dan tanda kehamilan melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pusing Berputar/Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Sedangkan tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  1. sering berkemihpembesaran dan nyeri payudara
  2. mual
  3. perasaan lelah
  4. daerah sekitar puting susu menghitam
  5. peningkatan suhu tubuh
  6. flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
  7. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  1. terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  2. terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  3. terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika memang tidak ingin menggunakan testpack terlebih dahulu.

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpackjuga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan). Untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan itu, diperlukan konfirmasi USG.

Untuk memastikan hal tersebut, ada baiknya Anda berkonsulatsi ke dokter untuk dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara detail guna mencari tahu penyebab pusing yang Anda alami. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar