Sukses

Warna Darah Haid
15 Nov 2018, 20:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter.. Saya mau tanya.. Dok, saya menstruasi tapi hari pertama darahnya hitam.. Hari kedua ampe ke 3 darahnya merah.. Tapi hari ke 5 sampai hari ke 7 darah nya hitam dok.. Kalo darahnya merah.. Bau nya seperti bau darah gitu.. Tapi kalo darah nya hitam baunya bukan kaya bau darah gitu.. Beda gitu donkk.. Itu kenapa ya dok? Sebelum datang menstruasi nya itu saya keputihan bngt dan berbau pula.. Itu kenapa ya dok? Padahal sebelum nya gak pernah kaya gitu.. Warna keputihannya warna putih susu tapi bau gitu dok.. Mohon diberi penjelasan nya dok.. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman. Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari dengan volume berkisar 20-60 ml/hari (1-6 pembalut/ hari).

Bila keluhan dirasa mengganggu, Anda dapat melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar