Sukses

Memilih Susu Formula Untuk Bayi Prematur

15 Nov 2018, 13:38 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, anak sy lahir prematur 30 minggu. Bblr 1.6 kg. Di rawat selama 3 minggu pulang dgn bb 1.4. Seminggu dirumah turun jd 1.3kg.. Di rawat lg selama 3 minggu pulang mnjd 2.1.. Sekarang 3 minggu dirumah mnjd 2.8.. Sudah berusia 10 minggu.. Kalo di bntu sufor bagaimana untuk mengejar bb nya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi dari KlikDokter.com.

Kelahiran cukup bulan atau aterm berkisar antara usia kehamilan 37-42 minggu. Meskipun lahir sebelum waktunya, bayi prematur tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama. Namun pada bayi prematur untuk mengukur tperkembangannya disesuaikan dengan usia koreksi yaitu usia kapan seharusnya ia dilahirkan.

Bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Karena itu diperlukan perawatan khusus bagi bayi prematur selama selama 2 tahun pertama kehidupannya.

Jika produksi ASI Anda masih lancar sebaiknya diberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan.

 

Namun bila produksi ASI benar-benar kurang walaupun telah mengupayakan meningkatkan produksinya, sehingga terpaksa memilih susu formula, maka sesungguhnya kandungan gizi susu formula merek apapun tidak memiliki perbedaan bermakna. Jenis susu yang sama (sesama formula berbahan dasar susu sapi, atau sesama susu formula berbahan dasar soya) kandungan nutrinya sama. Semua merek susu formula mengandung zat gizi yang hampir sama, di atur dalam Codex Alimentarius. 

Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter khusus laktasi untuk mengupayakan peningkatan produksi ASI. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar