Sukses

Iritasi Wajah Akibat Kayu Putih

15 Nov 2018, 10:13 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok, wajahsaya terkena minyak kayu putih menyebabkan luka bakar pada wajah saya, dan berwarna hitam, Dok, saya minta cara pengobatan nya.

Terima kasih karena Anda telah bertanya seputar iritasi wajah akibat kayu putih melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Iritasi yang Anda alami kemungkinan berkaitan dengan dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit (pada kasus Anda adalah minyak kayu putih) atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter.

Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka, jadi dalam hal ini Anda harus menghindari kontak langsung dengan cairan racun tanaman tersebut, dan usahakan untuk menggunakan sarung tangan jika terpaksa harus berkontak langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar