Sukses

Mata anak bintitan

14 Nov 2018, 01:53 WIB
Pria, 29 tahun.

Salam kenal Dok, Saya Ibu Novi, semenjak anak saya usia 2 tahun, anak saya sering mengalami bintitan di area mata. Hal itu terjadi terus menerus bergantian di area kedua mata tersebut. Sudah saya periksakan ke dokter, katanya akibat kelebihan protein & kurangi konsumsi telur. Apakah telur & susu berpengaruh besar terhadap timbulnya bintitan tersebut ? Dan bagaimana cara mencegah terjadinya bintitan yang terus menerus? Trima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Mata anak bintitan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Bintitan dalam bahasa medis disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk.

Bagaimanapun, apabila hordeolum membesar hingga menimbulkan gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya Anda segera membawa anak Anda berobat ke dokter keluarga Anda atau dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memberikan anak Anda pengobatan dengan antibiotika oles atau oral apabila diperlukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mata anak bintitan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar