Sukses

Apakah Benjolan Pada Payudara itu Kanker Payudara?
13 Nov 2018, 23:10 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya. Ibu saya umurnya 45 tahun. Nah sejak 2016 di payudara ibu saya ada benjolan. Lalu setelah diperiksa ternyata hanya tumor jinak. Namun semakin kesini benjolan semakin besar tetapi tidak sakit dan tidak mengeluarkan cairan putih. Apakah itu merupakan kanker payudara ya do

Terima kasih telah bertanya seputar Apakah Benjolan Pada Payudara itu Kanker Payudara? menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan.

Apakah selama 2 tahun ini benjolan pada payudara tersebut makin besar? Benjolan mana yang pertama kali muncul? Berapa besar ukuran benjolan tersebut? Apakah benjolan dapat digerakkan? Bagaimana dengan konsitensinya apakah padat atau lunak? Apakah terdapat nanah/cairan lain yang keluar dari benjolan tersebut?

Sayangnya, dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengetahui benjolan ada payudara ibu Anda. Bisa saja itu merupakan kelenjar susu dan jaringan yang mengalami pengerasan atau penggumpalan atau tumor payudara jinak atau ganas (kanker payudara).

Untuk itu, ibu Anda dapat mencoba:

1. Menjaga kebersihan dan kekeringan payudara dan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).

2. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.

3. Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.

4. Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan benjolan pada payudara ibu Anda sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter bedah untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi seputar Apakah Benjolan Pada Payudara itu Kanker Payudara? yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar