Sukses

Hasil CT Scan Kepala

13 Nov 2018, 15:02 WIB
Pria, 29 tahun.

Haloo dok .. Kepala sya sering sakit sdh sbln lbh. Kadang hilang kadang dtg. Berpindah jg. Kdang di belakang kadang di atas kadang di jidat Dr hsil ct scan sbgai berikut *jaringan lunak ekstra calvaria dan calvaria masih memberikan bentuk dan densitas yang normal * Sulcy dan gyri corticalis. Fissura sylvii bilateral dan fissura interhemister tampak normal * bentuk dan posisi ventrikel lateralis bilateral asimetris. Ukuran ventrikel lateralis kanan levih besar dibandingkan ventrikel lateral kiri. Ukuran ventrikel 3 dan 4 tmpak normal. *sisterna ambiens dan basalis tampak normal * daerah sela tursika serta daerah cerebello pontin angel masih dalam batas normal *pada parenkim cerebri. Cerebellum dan pons tidak menunjukan densitas patologis *tampak kalsifikasi di daerah glandula pinealis pleksus choroideus bilateral dan ganglia basalis bilateral *Mastoid air cell bilateral yang terscaning tampak normal *sinus paransasal yang terscanning dalam batas normal *bulbus okuli dan ruang retro bulber bilateral dalam batas normal * tidak nampak pergeseran struktur garus tengah KESIMPULANNYA #ASIMETRIS VENTRIKEL LATERALIS BILATERAL # TIDAK TAMPAK LESI ISKEMIK. PENDARAHAN. MAUPUN TANDA TANDA PENINGKATAN TEKANAN INTRAKRANIAL Apakah hasil di atas terlihat adanya tumor dok?? Dan apa ada hasil yg janggal? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari pemeriksaan CT Scan kepala tersebut tidak didapatkan adanya tumor, sebab dituliskan jaringan otak secara umum tampak normal dan tidak ada tanda peningkatan tekanan intrakranial.

Namun memang didapatkan adanya pembesaran ruangan cairan di otak (pembesaran ventrikel lateralis kanan dibandingkan sebelah kirinya). Apakah ini yang menyebabkan pusing pada Anda belum dapat dipastikan, bisa juga disebabkan penyebab lainnya. Seberapa besar perbedaan ini harus ditentukan dengan melihat langsung hasilnya. Untuk benar-benar memastikan penyebabnya, hasil temuan pada pemeriksaan CT Scan perlu disesuaikan dengan kondisi klinis Anda, yaitu hasil pemeriksaan fisik dan anamnesis mengenai riwayat penyakit Anda, tidak dapat semata berdasarkan hasil pemeriksaan CT Scan.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan agar anda kembali kepada dokter saraf yang merujuk Anda untuk CT Scan, agar hasil CT Scan tersebut dapat diketahui dan disesuaikan dengan hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik, sehingga dokter saraf anda dapat menentukan terapi yang optimal untuk keluhan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar