Sukses

Penyebab Sering Mengantuk

12 Nov 2018, 17:40 WIB
Pria, 19 tahun.

Kenapa saya tidak bisa menanhan diri untuk tetap terjaga disaat duduk diam. Saya hanya dapat terjaga selama 15-30 menit. Untuk lebih dari itu saya akan merasa ngantuk dan akan tertidur secar otomatis. Setiap 5 ,menit saya bisa mneguap lebih dari 3 kali. Dan sekali menguap saya akan mengeluarkan air mata berlebih, seperti orang menangis.

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama kejadian ini berlangsung? Gangguan akibat tidur yang berlebihan disebut hipersomnia yang dapat terdiri atas sleep apnea, narkolepsi, nocturnal myoclonus, obstructive sleep apnes (OSA), dan sebagainya. Kemungkinan yang dapat Anda alami adalah narkolepsi, namun tentu saja masih dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk penegakkan diagnosis.

Narkolepsi adalah suatu kelainan saraf yang mempengaruhi kontrol untuk bangun atau tertidur. Gejala utamanya biasanya adalah kondisi gangguan tidur, di mana seseorang lebih banyak tidur pada siang hari. Gejala lainnya adalah cataplexy.

Cataplexy adalah sebuah gejala ketika seseorang mengalami kekakuan atau kelemahan otot terutama otot-otot kaki, leher dan wajah, yang dipicu oleh emosi yang berlebihan misalnya tertawa, takut, marah, cemas. Gejala ini merupakan suatu bagian yang dapat disebabkan oleh narkolepsi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengalami gejala mengantuk berlebihan pada siang hari? Apakah Anda lebih sering tertidur pada siang hari?

Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik lengkap. Selain itu juga mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya. Bila memungkinkan, Anda dapat mengunjungi klinik yang memiliki klinik gangguan tidur. Untuk sementara hindari kafein, alkohol, nikotin serta usahakan mengatur waktu tidur malam secara teratur. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar