Sukses

Bayi Tidak Mau Minum Susu Formula

12 Nov 2018, 12:30 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok.. saya punya anak laki2 usia 5bulan dari bayi mnum susu formula.. tapi 3 hari ini dia nyusu kurang bisa siang malam abis 11 sampai 14 dot ini cuma 7 sampai 8 dot.. sampi sudah terlihat kurus dok..gimana ya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang agar bayi mau minum susu melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya bayi usia 5 bulan masih akan bersifat instingtif, saat lapar maka ia akan meminta susu. Yang jadi pertanyaan, apakah anak Anda terkesan tidak mau minum susu formula dan hanya ingin minum asi dari Anda? Perlu dieksplorasi lebih lanjut mengapa anak tidak mau minum susu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah terdapat alergi susu sapi atau gastrointestinal reflux disease (GERD). Bagaimana bab bayi? Apakah sering gumoh atau muntah? Apakah anak sering rewel, menangis, atau justru ceria? Apakah bayi tiba-tiba tidak mau menyusu, atau disebut 'nursing strike'?

Jika usia anak Anda <6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI saja (ASI eksklusif) karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi Anda. Sesungguhnya bila payudara terasa kosong dan ada rangsangan hisapan pada bayi, maka hal tersebut akan mendorong payudara untuk memproduksi lebih banyak lagi pada kesempatan berikutnya. Memang, awalnya bayi terasa menyedot payudara kosong (padahal selalu akan ada aliran asi, meskipun lambat). Beberapa bayi tidak menyukai aliran asi lambat, salah satu caranya adalah dengan mengayunnya selagi menyusui pada payudara yang agak kosong.

Ada baiknya bila Anda memeriksakan anak ke dokter untuk mencari apakah ada gangguan kesehatan yang menyebabkan bayi enggan menyusu atau minum susu formula (seperti GERD). Selain itu, dengan berkonsultasi pada dokter anak Anda dapat diajarkan kiat agar dapat menyusui lancar/ memperbanyak produksi asi.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai agar bayi mau minum susu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar